Kamis, 06 September 2012

FC BARCELONA



FC BARCELONA 

FC Barcelona atau yang akrab di sebut dengan Barca adalah salah satu tim Sepakbola di Negara Spanyol, siapa yang tidak mengenal FC Barcelona ? tidak ada bagi para pecinta sepakbola, FC Barcelona  didirikan pada tahun 1899 oleh 12 orang di bawah pimpinan Joan Gasper motto nya adalah “ Barca bukan hanya sekedar club” (El Barca és més que un club), stadion utamanya ada Camp Nou, Barcelona.
FC Barcelona masuk menjadi peserta Primera Division (Divisi Utama di Spanyol) sejak tahun 1928 bersama-sama dengan Real Madrid dan Atletic Bilbao menjadi team yang tidak pernah terdegdradasi ke Segunda Division (Divisis Dua). FC Barcelona juga menjadi club yang pertama kali menjuarai Primera Division, FC Barcelona memenangkan trophy :
- 21 trophy Liga Spanyol
- 3 trophy Liga Champions
- 4 trophyUEFA Cup Winners
- 4 trophy Europa League
- 26 trophy Copa Del Rey
- 3 trophy Copa Eva Duarte
- 2 trophy Copa de la liga
- 1 trophy internasional Cup
- 10 trophy Super Spanyol
- 4 trophy Super Eropa
- 2 trophy Piala Dunia Antar Club

FC Barcelona terkenal dengan Tiki-Taka dan permainao possesion game dimana Barca bermain dengan penguasaan bola (Ball Posseion), fans FC Barcelona sering disebut Cules atau Barcelonista. FC Barcelona mempunyai academic sendiri dengan nama La Masia, La Masia telah mencetak pemain bintang atau berkelas contohnya Lionel Messi yang saat ini dia menjadi 3 kali Pemain Terbaik Dunia berturut-turut (Ballon d’OR 2009 , 2010, 2011) dan Pemain terbaik Eropa (The Best Player UEFA tahun 2011) dan Andres Iniesta dia menjadi Pemain terbaik Eropa (The Best Player UEFA tahun 2012) dan masih banyak lagi. FC Barcelona mempercayai pemain yang lulusan academicnya (La Masia) dan pemain local (Spanyol), terbukti sampai saat ini 80% pemain resmi FC Barcelona lulusan academic La Masia dan sisa nya pemain local dan asing. 4 musim terakhir FC Barcelona menjadi club sepakbola nomor 1 di dunia (FIFA Ranking) masa keemasan FC Barcelona pada saat dilatih oleh Josep Guardiola, FC Barcelona pernah mendapat 5 trophy dalam semusim yang dilatih oleh Josep Guardiola, Josep Guardiola juga merupakan pemain lulusan academic La Masia dan juga mantan pemain FC Barcelona jadi Guardiola mengetahui pasti permainan FC Barcelona, tapi sayangnya Josep Guardiola memundurkan diri pada akhir musim 2011/2012 selama 4 musim melatih FC Barcelona  Josep Guardiola memenangkan trophy sebanyak 15 trophy, Posisi Josep Guardiola sekarang diganti oleh Tito Villanova yang tidak lain merupakan assisten pelatih (Josep Guardiola). Dan pemain FC Barcelona yang paling banyak ,mendapat trophy bersama FC Barcelona adalah Xavi Hernandez yaitu 20 trophy dan yang kedua adalah Lionel Messi yaitu 18 trophy. FC Barcelona mempunyai Rival abadi yaitu Rela Madrid dari dulu hingga sekarang dari soal club, pemain, hingga pelatihnya setiap pertandingannya selalu dengan tensi tinggi dan harga diri kedua club yang di beri nama dengan El Classico. El Classico  selalu ada controversial dari mulai pemain beradu ngomong dengan pemain lainnya, pelatih Real Madrid (Mourinho) mencolok mata pelatih FC Barcelona (Tito Villanova) dan yang terakhir ikon FC Barcelona (Lionel Messi) dan ikon Real Madrid (C.Ronaldo) saling membelakangi atau tidak ingin bersalaman itulah yang namanya pertandingan El Classico selalu ada controversial. Sekian artikel singkat dari saya VISCA BARCA !!!

2 komentar:

FC Barcelona